FARI.IMAM.PUDET.IWA.YANDA.SASKI.NIA.DITA'S RANDOM THOUGHTS

Uncategorized

Untuk Tuhan, bangsa, dan almamater… di masa depan

Sebut saja orang ini oknum X. Oknum X adalah seorang anak SMA yang baru aja keterima di Institut Teknologi Bandung angkatan 2050.

Hari ini oknum X sedang menikmati hari pertamanya di ITB. Pertama-tama, dia masuk ke kelas kalkulus dasar. Hari ini kuliah pertamanya dan belum semua orang di kelas saling kenal. Oknum X mulai menebar senyum, menebar pesona (kali-kali aja ada yang cantik) dan menebar alamat e-mail buat messenger-an (karena di jaman itu udah gak ada sms semuanya pakai VOIP dan messenger)

Ternyata, seperti yang oknum X sudah duga, ITB, sebagai kampus terbaik kedua sedunia (peringkat kedua disusul oleh Harvard University dan peringkat ketiga disusul oleh Melbourne University) memang menjadi magnet bagi mahasiswa mancanegara untuk belajar di Indonesia, terutama di ITB. Dalam sehari, oknum X sudah berkenalan dengan teman-temannya yang berasal dari lebih dari sepuluh negara, dan mulai hari itu juga, oknum X memutuskan untuk mengejar cewek-cewek jepang dan korea yang kuliah di ITB (ehm ini karena oknum X suka girlband jadul macam-macam SNSD dan Morning Musume).

(ini SNSD girlband jadul kesukaan oknum X)

(nah ini juga girlband jadul kesukaan oknum X, Morning Musume)

Nah setelah pelajaran kalkulus dimulai… oknum X baru sadar bahwa dia memang berada di tempat terbaik untuk menuntut ilmu. karena….

1. di itb ini para pengajar ya pengajar. nggak nyambi sambil meriset pada saat yang bersamaan, jadi mereka gak terpecah konsentrasinya. alhasil ya pengajarannya berkualitas.

2. bahasa pengantar yang digunakan adalah… bahasa inggris. tapiiiii yang bagusnya adalah tiap mahasiswa bisa menggunakan alat penerjemah yang disediakan secara gratis di setiap meja, jadi kalau ada kata-kata yang tidak dimengerti, tidak perlu repot-repot pakai kamus…

3. setiap mahasiswa baru dikasih sejenis e-reader atau benda kayaq iPad atau galaxy tab gitu, untuk diisi textbook yang dibutuhkan, gratis sesuai mata pelajaran yang diambil. naaah file dari e-book ini nggak bisa di share 🙂 oh ya, benda ini juga bisa dipakai buat catatan dan browsing, bisa dikasih aplikasi untuk main game juga 😛

4. ujian tidak lagi menghafal teori. nooo big no noooooo

5. ada asrama kampus yang asyiiiik kayaq di film-film amerika itu lhoooo.

6. dan tentunya… karena di itb ini sudah jadi kampus kelas dunia… jurusannya akan menjadi lebih banyaaaaak lagi. akan ada jurusan animasi, music engineering, dll… dan juga, bakal dibuka kelas-kelas bahasa dan budaya lainnya buat mahasiswa internasional dan lokal yang pengen mendalami bahasa… silakan 🙂

7. student unionnya bakal kayaq PBB soalnya banyak mahasiswa internasional

8. sekelas isinya 30 orang maksimal, jadi kuliahnya bisa banyak diskusi.

9. INTEL TETAP DIBUKA HOREEEE!!!!!

10. Biaya kuliah lebih murah bagi warga negara indonesia, pastinyaaaaa!!!!

11. ada student loan!!!!

12. boleh pilih mau pakai skripsi atau 100% coursework. 🙂 (this sounds absurd but lots of universities in the world are doing this)

 

yah sekian sih opini saya… ada tambahan?

 

ini gambaran dari saya ttg ITB sebagai universitas terbaik di dunia.

 

 

 

cheers,

 

Nistria 19008102

 

 


Imajinasi anak kos

Oke, pos ini ditunjukkan untuk kamu kamu kamu yang ngekos!

kenapa begitu? karena di pos kali ini kita bakal ngebahas alat2 canggih yang bakal bisa membuat hidup anak kos jadi gak tambah LABIL dan UNYUU~

setelah mengubek2 google dan otak cukup lama, akhirnya kita TIM 19, berhasil ngambil beberapa gambar yang oke buat kamu kamu kamu liat.hihi

cekidot gan!

sebagai anak kosan cinta lingkungan, kita yakin lo semua pada kesel kalau di tempat cuci piring lo apalagi di buletan dalamnya banyak nempel benda kecil, gak kece, lagi unyu bernama SAMPAH.

kadang2 sampah ini bikin bau, dan mengurangi nafsu lo semua buat cuci piring, bener ga?

pernah ga lo semua membayangkan bakal ada tempat cuci piring yang ramah lingkungan, punya detektor sampah terus bisa ngeluarin bau harum 5 menit sekali?

liat bentar yuk gambar dibawah ini

GOKIL! ternyata di negara sana udah ada tempat cuci piring ramah lingkungan -________-“, bahkan ada pencetan yang bisa ngeluarin air *macam di toilet saja ini.

tapi menurut kita masih ada yang kurang, kayaknya kalau dipasang detektor jumlah sampah sama parfum bisa lebih oke deh? iya ga?

detektor jumlah sampah bakal menghitung jumlah sampah yang masuk tiap hari ke dalam lubang pembuangan cuci piring! tapi ini fungsinya buat apa ya? -___-” krik krik

tapi yang pasti kalau ditambah parfum jadi lebih oke! apalagi ditambah aromateraphy yang bisa ngebuat kita semangat cuci piring.hahahha

Alat kedua yang ga kalah galau nya adalah:

Ini adalah kulkas canggih yang pernah diproduksi sama electrolux. coba ini diproduksi masal dan murah, beuh! laku deh di bandung.

kulkas ini emang cocok ditaro di kos- kosan. karena lo semua tau lah ya, gimana isinya kulkas anak kos. dari roti yang udah berjamur, es krim yang jadi kayak es kebo saking kerasnya, daging rendang sisa lebaran tahun lalu yang ga disentuh- sentuh *curhat gan.

ih! itu bener2 buat kita semua males ngeliat isi kulkas apalagi kalau abis belanja bulanan terus butuh ruang untuk naro barang macam susu, dll.

barang kulkas di atas itu sebetulnya bisa lebih istimewa lagi lho!

bayangin deh kalo kulkas di atas punya detektor makanan basi sama detektor pencuri makanan!

jadi setiap anak kos punya kodenya sendiri dan kodenya itu dari sidik jari dan aura tangan.hahahha

jadi pas ada tangan lain masuk ke dalam bagian kulkas kita, detektornya langsung mencatat di mesin pencatat trus bakal diupdate per bulan.

gokil ya? *ngangguk aja ya, capek nih nulisnya lama2 hehe

alat terakhir yang bakal kita liatin berikut ini, mungkin yang paling canggih teknologinya dibanging alat yang diatas, mari kita liat sama2 :

tempat tidur ini bener2 canggih ye? bentuknya abstrak dan dilengkapi alat elektronik gaul macem tv flatscreen sama tempat dvd di samping tempat tidur.

tapi lo ngerasa ada yang kurang ga?

menurut kita tempat tidur ini kegedean abis brur, iya ga? lebih asik nih ya, kalo tempat tidur ini bisa dilipet atau diubah jadi sofa.hehe

biar bisa dibawa kemana-mana, dan berguna banget buat yang suka nginep di kampus.hihi

alat2 di atas dengan segala fitur tambahan yang kita sebutin bukan jadi impian dan mimpi belaka lho harusnya, apalagi kita punya institut teknologi yang anak- anaknya canggih.hehe

Ayo anak elektro, teknik mesin, teknik material, semuanya! bikin alatnya yuk bareng2, nanti serahin packagingnya ke anak Seni Rupa terus anak SBM bantu deh di bagian marketing nya!

huooo, sungguh kolaborasi dalam satu ITB :p

ngepos malem2 gini ternyata bisa membuat diri jadi random ya, dan kalau dibaca ulang dari atas, sungguh isi pos ini kurang bermanfaat -__-”

hehheehe.

oke, lain kali kita bakal ngepos yang lebih panjangggg dan bermakna ya!

salam!

tim 19


mengapa & siapa?

Oke, ini adalah postingan kedua dari tim 19 & kami harap postingan kedua kami ini akan lebih menginspirasi teman-teman dibanding pos yang pertama.

Setelah membahas tentang arti kreativitas, selanjutnya kita akan membahas mengenai urgensinya.

Nah, ijinkanlah kita menjelaskan pentingnya kreativitas menggunakan bahasa mahasiswa rentang umur 19-20 tahun yang sedang malas mengerjakan tugas.hihi

KENAPA SIH KREATIVITAS PENTING GENGGGGGGGGGGGG?

*sok gaul

kreativitas sangat dibutuhkan dalam setiap aktivitas, karena hal kreatif akan membuat segala sesuatu menjadi tidak biasa a.k.a tidak monoton, hidup jauh lebih berwarna dan tidak membosankan.

Hidup itu berjalan dengan cepat, dan selalu berubah. orang yang tidak kreatif bisa termakan arus. Oh iya, jelas, kreatif tidak sama dengan MEMBUAT ALAT CANGGIH.

Hidup penuh dengan masalah, sehingga kita diminta untuk memutar otak, menjungkir balik lobus frontal (anak biologi abis)  atau bahasa manusianya=  kreatif mencari jalan keluar dari masalah kita tersebut.

Apalagi untuk usia 20-galau seperti kami. Memasuki tingkat akhir kuliah, kami makin menyadari bahwa sisi kreatif dibutuhkan kami untuk lulus dari sekolah terbaik ini 🙂

mulai dari memilih mata kuliah paket A,  mengatur jadwal kuliah sehingga tidak terbentur satu sama lain, hingga mengatur waktu pulang ke daerah masing2. itu semua perlu kreativitas lho, jangan salah.

JADI SIAPA SIH ORANG YANG PALING KREATIF?

Semua orang bisa jadi yang paling kreatif. karena setiap orang menggunakan cara terbaik yang terfikirkan oleh mereka ketika memecahkan suatu masalah.

Orang yang paling kreatif juga bisa disebut sebagai orang yang melakukan usaha terbaiknya untuk berfikir tidak biasa (out of the box) untuk menginspirasi sebanyak- banyaknya orang.

seperti:

courtesy: http://thesartorialist.blogspot.com/

On the Street….Eighth Ave., New York City
Wanita cantik di atas ini, berusaha untuk tampil tidak biasa. dan jreng jreng usahanya berhasil!  pakaiannya dilirik  banyak orang bahkan ter-jepret oleh salah satu fotografer fashion-blog ternama (the sartorialist). dengan gaya fashionnya yang tidak biasa, dia bisa disebut sebagai WANITA KREATIF, dan dengan usaha terbaik yang dilakukan setiap hari untuk tampil luar biasa dan berusaha menginspirasi orang dengan pakaiannya, tidak salah jika dia dinobatkan menjadi WANITA TERKREATIF untuk dirinya sendiri.hehe
selain wanita cantik di atas, ada 2 tokoh di kehidupan kita yang sebetulnya SANGAT KREATIF, hanya saja terkadang kita terlalu sibuk untuk menganalisa nya 🙂
ayo yuk kita lihat
Orang Tua adalah pasangan paling kreatif untuk membuat anak- anaknya tersenyum bahagia ( dibeliin hadiah, dibawa ke toko mainan, dll). Orang tua adalah pasangan paling kreatif untuk membuat anaknya menyukai sayuran (hihi). Orang tua adalah pasangan paling kreatif untuk membuat anaknya tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. bener ga?
Selain itu, jangan lupa juga dengan guru TK kita.sebetulnya semua guru itu kreatif sih, tetapi guru TK adalah guru yang paling kreatif karena mereka menggunakan berbagai metode agar kita bisa MEMBACA dan MENULIS, mulai dari membuat lirik lagu maupun dengan doorprize permen kecil-kecilan. Guru TK dengan usaha nya yang begitu luar biasa, berhasil menginspirasi kita bukan?
Selain guru TK dan orang tua, ada lagi sih contoh ORANG YANG PALING KREATIF. mau tau itu siapa? hihi
Oke, akhirnya kita masuk kepada contoh terakhir “orang yang paling kreatif”!
YOIIIIIII, gambar di atas adalah SUPER JUNIOR! grup yang beranggotakan 13 orang ini (sekarang jadi 10) adalah grup yang dirancang untuk mempunyai banyak talenta. dari nyanyi, nari, acting, ngocol, semuanya deh.LENGKAP.
mereka dituntut untuk bisa menciptakan koreo yang kreatif, dan ketika mereka diundang untuk menjadi bintang tamu di variety show, mereka pun dituntut dan ditantang untuk mengeluarkan lelucon2 dan “charm” khusus agar penonton betah.
untuk menjadi sekarang ini mereka di training bertahun2 lho.
dan untuk menjaga “kualitas” di tengah persaingan tidak jarang juga dari mereka yang melakukan oplas. usaha melakukan hal2 tidak monoton yang dilakukan untuk menginspirasi orang lain (terutama fans mereka) membuat mereka bisa dinobatkan sebagai ORANG PALING KREATIF versi fans mereka.hihi
Jadi Apa sih intinya 583 kata di atas?
intinya ya temen2, kreativitas itu penting untuk bertahan hidup dan SIAPA SAJA bisa menjadi menjadi orang paling kreatif karena setiap orang versi nya masing2.
jadi KAMU KAMU KAMU ayo kita berlomba untuk jadi orang paling kreatif.
salam kreatif,
TIM 19
mager euy.males kuliah.tapi bentar lagi lulus.T_T.semangat!

Kreativitas dan Inovasi menurut kita :)

Setelah berdiskusi cukup ‘lama’ tentang apa yang disebut dengan kreativitas dan inovasi, kami tim 19 berhasil memberikan definisi yang tepat (menurut kami) tentang KREATIVITAS DAN INOVASI.

Kreativitas adalah suatu pemikiran dimana terdapat penuangan ide dan ilmu yang diwujudkan dalam berbagai hal,baik berupa barang maupun imajinasi.
Inovasi adalah penuangan ide baru yang berasal dari pemikiran seseorang atau beberapa orang,dimana ide tersebut merupakan benar-benar baru dan belum pernah di wujudkan dalam bentuk apapun.

Contoh Kreativitas adalah sebagai berikut:

ini adalah contoh kreativitas yang diaplikasikan pada bis. bisa dilihat bahwa efek ular pada bis tersebut membuat bis tambah menarik 🙂 dan tentunya menyeramkan 😦

Kreativitas biasanya juga diperlihatkan dalam pembuatan media iklan, seperti yang terlihat pada contoh dibawah ini:

Lalu bagaimana dengan contoh inovasi?

mudah-mudah2an contoh di bawah ini bisa membantu kita memahaminya.

GREEN PRINTER

Printer buatan jepang ini adalah hasil green innovation. kenapa bisa dibilang begitu? katanya printer ini tidak menggunakan bahan kertas dan tidak menggunakan tinta. (kok bisa ya?)

Yang satu ini patut dicoba teman2. konsep ‘green’ pada tempat cuci tangan. Air sisa cuci tangan tidak serta merta masuk ke saluran bawah tanah tetapi di salurkan lewat pipa kecil menuju tempat tanaman 🙂

Oke, inilah pos tugas pertama grup kami, semoga bisa mengilhami mereka yang membaca.hihi

sampai jumpa di pos tugas selanjutnya!



Hello WordPress-versi kami!

Hai! ini blog kelompok kami untuk mata kuliah Creativity and Innovation!

Jangan ragu untuk mengunjungi blog individu kami, silakan cek ‘links’!

Semoga kita bisa saling memberi inspirasi! 🙂

Bila manusia kehilangan kemanusiannya

Alam semesta akan tertimpa bencana

dan bertanya angin kering

“Perlukah Memanusiakan Manusia?”

Salam,

TIM 19